SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Segudang manfaat dari SEREH

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Sabtu, 12 Mei 2012

Segudang manfaat dari SEREH

             




        sereh serupa dengan tumbuhan  rumput-rumputan, daunnya yang berwarna hijau mirip dengan batang  daun bawang. Biasa digunakan dalam masakan sebagai pengharum atau penghilang bau amis. Tetapi terdapat manfaat lain yang terkandung dari tanaman ini.  Saya dapat dari om google melalui penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Sereh juga diketahui berkhasit sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik. Dan  sereh dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tifus, infeksi kulit, keracunan makanan dan bahkan bau badan. 


Pada kandungan minyak sereh pun dapat digunakan untuk nyeri otot dan sakit kepala dengan cara dioleskan. Bahkan daun sereh ini dapat menurunkan demam pula.
Mudah juga dalam menanam tanaman sereh ini dengan cara ambil satu siung batang sereh kemudian tancapkan kedalam tanah tunggu hingga ada tunas baru kemudian siram dengan teratur, jauhi dari tempat gelap karena tanaman ini membutuhkan sinar yang cukup dan juga untuk menjauhinya dari binatang pengerat seperti tikus.
Dalam mengatasi batuk dapat menggunakan resep minuman dengan olahan akar pada sereh. Yang anda lakukan dengan merebusnya dengan 4 siung akar pada sereh selama 10 menit lebih  dan direbus dengan 2 gelas air. Dapat di minum dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas pagi dan sore. Bisa juga untuk menghangatkan perut atau badan dengan merebus  2 gelas air dan di rebus dengan 3 siung sereh kemudian tambahkan dengan 2 jahe yang sebesar ibu jari . Dapat ditambahkan gula merah atau putih sesuai selera masing – masing.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar