SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)"

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Jumat, 27 April 2012

Resume “Tentang Uang, Bank dan Penciptaan Uang”

      ---Uang

merupakan alat tukar yang sah yang telah ditetapkan dalam undang-undang untuk melakukan transaksi jual beli untuk membeli suatu barang atau jasa.

Jenis-jenis uang juga ada 2 yaitu uang kartal (uang kertas dan uang logam) dan uang giral (cek).

Uang giral adalah uang yang digunakan dalam sehari-hari, sedangkan uang kartal adalah uang yang berbentuk cek atau deposito yang dapat diambil sesuai kebutuhan.

      ---Bank

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan,dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan  bentuk-bentuk lainnya. Bank dibagi menjadi 2, yaitu bank pemerintah dan bank swasta. Tugas BI berhubungan dengan pemerintah karena BI menjalankan tugas sesuai ketentuan Undang - Undang.



--- Penciptaan Uang

adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru.  Tiga cara dalam menciptakan uang yaitu , dengan cara mencetak mata uang kertas atau uang logam, kemudian melalui pengadaan utang dan pinjaman, dan serta melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif. Bagian yang bertugas mencetak uang adalah Perum Percetakan Uang RI (Peruri). Peruri merupakan satu-satunya BUMN yang bertugas mencetak uang yang dipercaya oleh negara sesuai dengan PP no 32 tahun 2006.



Pada saat terjadinya krisis moneter jika ada kebijakan moneter adalah karena harga dollar tinggi, phk dimana-mana jadi karena banyaknya hal yang ditangani pemerintah jadi banyak yang harus dipertimbangkan.




Resume “Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi”


Pendapatan nasional adalah jumlah faktor – faktor produksi menjadi pendapatan suatu negara i dalam suatu periode waktu tertentu.
Pengertian Perekonomian Tertutup Sederhana(Perekonomian Dua Sektor)

Perekonomian tertutup artinya Perekonomian tidak mengenal hubungan luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor-impor. Sedangkan perekonomian sederhana artinya tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Jadi, perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan dua pelaku, yaitu rumah tangga dan perusahaan (swasta).
Arti konsumsi adalah menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa dalam jangka waktu tertentu.
Tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsikan dan disimpan untuk digunakan yang akan datang.
Investasi adalah penanaman modal pada suatu perusahaan, sehingga menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang ada dalam perekonomian.

Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Pengangguran
            Inflasi adalah kenaikan tingkat harga yang umum secara terus-menerus. Inflasi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
1.       Inflasi tarikan permintaan (demand-pull inflation)
dalah Inflasi yang disebabkan karena adanya kenaikan permintaan agregat yang sangat besar dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Inflasi tarikan permintaan biasanya
2.       Inflasi desakan biaya (cost-push inflation)
adalah Inflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya kenaikan biaya produksi yang pesat dibandingkan dengan tingkat produktivitas dan efisiensi, sehingga perusahaan mengurangi supply barang dan jasa.
3.      Inflasi karena pengaruh import (imported inflation)
adalah Inflasi yang terjadi karena naiknya harga barang di negara-negara asal barang itu, sehingga terjadi kenaikan harga umum di dalam negeri.
Dalam kasus (kenaikkan harga BBM)
Wancana dengan kenaikkan harga BBM, tetap saja konsumen masih mencarinya karena merupakan kebutuhan utama bagi mereka. Semua aktifitas dari rumah tangga sampai perusahaan sangat membutuhkan BBM untuk transportasi bagi kebutuhan. Dan dikhawatirkan kenaikkan ini akan berdampak dalam segala hal, timbulnya kemiskinan dan pengganguran dikarenakan bisnis yang dijalani menggunakan BBM  dan tidak mampu membelinya karena kenaikkan tersebut. Namun  wancana tersebut di tunda yang diumumkan oleh presiden RI sendiri, tetapi terdapat kabar penundaan kenaikkan harga BBM ini akan dialihkan dengan inflasi pada harga sembako.
*Tambahan menurut referensi kelompok 5*
Pada orde baru dan sekarang ini, terjadinya investasi pada indonesia sangatlah berkurang. Dikarenakan saat orde baru partai sangatlah sedikit mungkin dapat dihitung, banyak investor asing datang untuk berinvestasi pada perusahaan diindonesia. Tapi pada saat ini investor asing berkurang karena partai sangatlah banyak mereka butuh dana untuk mencalonkan diri, dan investor asing diharuskan untuk memberikan dana untuk mereka. Maka mungkin itu pula pengangguran bertambah dan sempitnya kesempatan untuk berkembang. 

Jumat, 20 April 2012

Resume "Perilaku Produsen"


            Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa sebagai nilai  guna yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa disebut produksi.
Skema produksi merupakan interaksi antara masukan (input) melalui proses dan dengan keluaran (output).
Contoh : perilaku produsen di indonesia, tidaklah inovatif dikarenakan produsen menghasilkan barang atau jasa hanya sesuai dengan trend atau mengikuti/meniru pasar.
Beberapa faktor yang harus dipenuhi oleh prosen antara lain :
a.       Sumber alam
b.      Sumber daya manusia
c.       Sumber modal   





Dan pada saat bahan baku meningkat dan harga penjualan menurun, hal yang dilakukan produsen agar produksi optimal yaitu:




-          Mengganti / mencari alternatif lain terhadap bahan baku yang digunakan tetapi tidak merubah hasil produksinya.




-          Menekan biaya bahan baku produksi menjadi seminimal mungkin tetapi harus menaikan harga penjualan agar tidak terjadi kerugian.

Least Cost Combination, terbagi menjadi 2 istilah:

-          Isoquant atau isoproduct curve adalah kurva yang menunjukan hubungan antara berbagai kemungkinan kombinasi 2 input.
-          Isocost atau aris ongkos sama adalah kombinasi yang dipeoleh dengan cara mengeluarkan sejumlah biaya dari faktor-faktor produksi.

Rabu, 18 April 2012

Resume "Stuktur Pasar"

                  Pasar memiliki arti yaitu suatu tempat sebagai proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli yang didalam terjadi suatu permintaan serta penawaran, sehingga tujuannya dapat menetapkan harga keseimbangan pasar yang diperdagangkan.

                 Dan struktur pasar itu sendiri adalah penggolongan produsen terhadap beberapa bentuk pada pasar yang berdasarkan dari ciri-ciri seperti jenis hasil produknya, banyaknya perusahaan didalam industri, serta mudah atau tidaknya keluar masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Dalam hal ini dibentuk 2 jenis stuktur pasar antara lain:
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Yang ditandai dengan jumlah produsen dan konsumen yang sangat banyak dan  dan dengan jenis produksi yang sama atau mirip.
2.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dengan berbagai jenis pasar, yang terdiri dari 3 macam yaitu:
--- Pasar Monopoli
      Yang ditandai dengan penjual/produsen tunggal yang memiliki kekuatan  dalam menentukan harga serta berhadapan dengan pembeli/konsumen yang banyak. Barang yang dimiliki tidak ada barang penggantinya (substitusi).
--- Pasar Oligopoli
     Yang ditandai hanya beberapa penjual atau pembeli yang menguasai seluruh permintaan pasar. Produk  yang dijual-belikan dapat homogen dan dapat berbeda corak atau gambar.
--- Pasar Monopolistik
     Ditandai dengan produsen yang banyak, yang menghasilkan produk sejenis hanya memiliki perbedaan dalam beberapa aspek tersendiri.
--- Pasar Duopoli
     Dalam suatu pasar di tandai dengan penawaran terhadap jenis produk yang dikuasai oleh dua perusahaan.
--- Pasar Monopsoni
     Ditandai dengan pembeli/konsumen yang memiliki pengaruh dalam menentukan harga, yang dilihat dari segi permintaan dan pembeliannya.

Kasus ini membahas mengenai (Rencana Kenaikkan Harga BBM)
          Dalam kenaikkan harga BBM yang direncanakan pemerintah sangat mempengaruhi struktur pasar terutama terhadap harga barang yang menjadi kebutuhan. Sektor ekonomi micro yang kebanyakkan yaitu rakyat kecil yang paling merasakan dampak ini. Sebagai contoh dalam pasar tradisional, mereka perlu transpotasi utama yang menggunakan BBM untuk menggangkut hasil pertanian ke sektor pasar tradisional. 
           Maka opsi yang dilakukan petani dengan menekan biaya atau menaikkan harga jual barang dagangan mereka. Tetapi penekanan biaya ini malah menambah kesulitan petani. Dan bila menaikkan harga jual barang akan menimbulkan masalah baru bagi pembeli yang sebelumnya terbebani dengan rencana kenaikan harga bbm kini harus mendapatkan kenaikkan barang yang dikonsumsi. Secara perioritas dampak kenaikkan BBM sangat mempengaruhi semua struktur pasar yang ada.        

Minggu, 08 April 2012

Mengedit foto agar lebih menarik



Untuk yang suka mengedit-edit foto, maka berikut cara membuat foto anda menjadi lebih keren lagi.
Disini saya menggunakan Adobe Photoshop 7.0        

Langkah pertama buka photo atau gambar yang akan diedit.




itu, pilih rounded rectangle tool lalu klik paths di atas.

Lalu untuk memudahkan penambahan rounded rectangle (kotak) tekan Alt dan Shift pada keyboard lalu klik kotak tersebut dan geser kesamping. Dan hingga photo tersebut penuh dengan kotak.

Pilih  Paths Selection Tool atau tekan A lalu klik kanan pada photo pilih Make Selection.  Dengan mengatur Feather Radius menjadi 0 dan pilih New Selection seperti dibawah ini.

 

Setelah klik oke pada Make Selection, kemudian klik select pilih pada inverse lalu tekan delete pada keyboard.
 Selanjutnya buat layer  baru lalu klik kembali select pilih inverse, setelah itu gunakan brush tool  untuk memulai mewarnai kotak tersebut. 



 

Warnailah sesuka imajinasimu.

Di Layers Style ubah normal menjadi multiply dan opacity set ke 50%
 
Maka hasilnya dapat di kreasikan seperti dibawah ini....... 


mariiiii mencoba sendiriii yyyyyyy (^_^)!

referensi : sigit eko Category  photoshop Dasar 





Senin, 02 April 2012

Resume "Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran"

          Hukum Permintaan mengatakan saat  menurun tingkat permintaan konsumen, maka semakin tinggi harga produk yang diminta, sebaliknya saat naik tingkat permintaan, maka semakin rendah juga harga produk yang diminta konsumen."

          Hukum penawaran mengatakan tinggi harga suatu barang maka makin banyak pula jumlah barang yang akan ditawarkan oleh produsen dan sebaliknya kalau harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga menurun karena kurang menguntungkan produsen.

Untuk mengukur besarnya kepekaan permintaan atau penawaran suatu barang jika harga barang lain yang berubah, yaitu harga barang yang berhubungan dengan barang tersebut yang berupa barang komplementer (pelengkap) dan dapat berupa barang subtitusi (pengganti).

           

>>Barang substitusi (pengganti) : barang yang digunakan untuk menggantikan barang yang kegunaanya sama. contoh : teh dan kopi
>>Barang komplementer (barang pelengkap) :  digunakan untuk melengkapi barang lain agar lebih maksimal penggunaannya. contoh : teh dan gula



Kasus dalam pembahasan ini yaitu penjualan bawang.

Karena mendapat kendala dengan curah hujan yang cukup tinggi maka petani bawang mendapatkan panen yang buruk yakni bawang hampir seluruhnya menjadi busuk. Pedagang menjual 80 kg bawang yang harga jual awalnya Rp 20.000,-  menjadi berharga jual Rp 80.000,- untuk 20 kg bawang.

Hal ini menggunakan hukum permintaan dan konsumen menggunakan berbagai cara untuk beralih ke barang subtitusi dengan tidak menggunakan bawang untuk sementara waktu.


Resume " Perilaku Konsumen"


             Perilaku konsumen merupakan sebagai tingkah laku dari konsumen yang biasanya ditujukan dengan mencari, memilih, menggunakan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan keterbatasan  sumber daya yang dimiliki konsumen. Terdapat faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan antara lain:  faktor dari dalam diri konsumen (internal) yaitu, kebutuhan, presepsi, sikap, gaya hidup, dan pengalaman. Faktor dari luar lingkungan konsumen (eksternal) yaitu, budaya, grup, teman, anggota keluarga, kalangan bisnis, informasi, dan perkembangan strategi marketing.

Melalui pendekatan dilakukan terhadap perilaku konsumen, mengetahui respon perilaku konsumen:
a.         Pendekatan cardinal
Pendekatan ini untuk mengukur suatu kepuasan konsumen dengan satuan ukur, dengan banyak barang yang dikonsumsi konsumen maka makin banyak kepuasan yang diterima konsumen pula. Dan pada saat kepuasan konsumen naik dalam titik batasnya maka pada batas kepuasan konsumen akan semakin menurun.
b.        Pendekatan ordinal
Bahwa pendekatan konsumen ini dalam mengkonsumi produk dan jasa untuk mendapat kepuasan konsumen tidak dapat dikur dengan suatu satuan ukur, dalam tingkat kepuasan konsumen yang dimiliki berbeda-beda walaupun dalam mengkonsumi produk dan jasa yang sama, tingkat kepuasan tidak bisa dikatakan seberapa lebih besar atau rendahnya dan menggunakan model kurva indifferent.

Konsep Elastisitas yaitu mengenai elastisitas harga permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan yang sangat mempengaruhi harga produk dan jasa.
Elastisitas harga permintaan (Ed), dalam mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga.
>>Elastisitas harga penawaran (Ws), dalam mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadapa perubahan harga.
>>Elastisitas silang (Ec), mengukur perubahan barang akibat mempengaruhi harga produk lain.
>>Elastisitas pendapatan (Ed), mengukur suatu barang akibat dari perubahan pendapatan.
Kasus yang dibahas, mengenai asuransi kesehatan :
Pada saat asuransi awal muncul di indonesia jarang sekali masyarakat untuk menggunakan asuransi kesehatan bahkan tidak tahu sama sekali apa itu asuransi dan lebih memilih untuk kebutuhan kehidupannya. Dan seiring teknologi berkembang masyarakat pun memahami bahwa kesehatan itu juga penting dan tidak bisa hanya membeli obat diwarung saja. Perusahan asuransi pun meningkat pesat saat ini bukan hanya untuk kalangan atas tetapi perusahaan asuransi untuk kalangan bawah juga dengan berbagai jenis yang diberikan. Dan masyarakat pun sadar asuransi kesehatan menjadi kebutuhan penting serta memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan anggota keluarganya.