SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Resume “Tentang Uang, Bank dan Penciptaan Uang”

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Jumat, 27 April 2012

Resume “Tentang Uang, Bank dan Penciptaan Uang”

      ---Uang

merupakan alat tukar yang sah yang telah ditetapkan dalam undang-undang untuk melakukan transaksi jual beli untuk membeli suatu barang atau jasa.

Jenis-jenis uang juga ada 2 yaitu uang kartal (uang kertas dan uang logam) dan uang giral (cek).

Uang giral adalah uang yang digunakan dalam sehari-hari, sedangkan uang kartal adalah uang yang berbentuk cek atau deposito yang dapat diambil sesuai kebutuhan.

      ---Bank

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan,dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan  bentuk-bentuk lainnya. Bank dibagi menjadi 2, yaitu bank pemerintah dan bank swasta. Tugas BI berhubungan dengan pemerintah karena BI menjalankan tugas sesuai ketentuan Undang - Undang.



--- Penciptaan Uang

adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru.  Tiga cara dalam menciptakan uang yaitu , dengan cara mencetak mata uang kertas atau uang logam, kemudian melalui pengadaan utang dan pinjaman, dan serta melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif. Bagian yang bertugas mencetak uang adalah Perum Percetakan Uang RI (Peruri). Peruri merupakan satu-satunya BUMN yang bertugas mencetak uang yang dipercaya oleh negara sesuai dengan PP no 32 tahun 2006.



Pada saat terjadinya krisis moneter jika ada kebijakan moneter adalah karena harga dollar tinggi, phk dimana-mana jadi karena banyaknya hal yang ditangani pemerintah jadi banyak yang harus dipertimbangkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar