SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Resume "Stuktur Pasar"

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Rabu, 18 April 2012

Resume "Stuktur Pasar"

                  Pasar memiliki arti yaitu suatu tempat sebagai proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli yang didalam terjadi suatu permintaan serta penawaran, sehingga tujuannya dapat menetapkan harga keseimbangan pasar yang diperdagangkan.

                 Dan struktur pasar itu sendiri adalah penggolongan produsen terhadap beberapa bentuk pada pasar yang berdasarkan dari ciri-ciri seperti jenis hasil produknya, banyaknya perusahaan didalam industri, serta mudah atau tidaknya keluar masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Dalam hal ini dibentuk 2 jenis stuktur pasar antara lain:
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Yang ditandai dengan jumlah produsen dan konsumen yang sangat banyak dan  dan dengan jenis produksi yang sama atau mirip.
2.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dengan berbagai jenis pasar, yang terdiri dari 3 macam yaitu:
--- Pasar Monopoli
      Yang ditandai dengan penjual/produsen tunggal yang memiliki kekuatan  dalam menentukan harga serta berhadapan dengan pembeli/konsumen yang banyak. Barang yang dimiliki tidak ada barang penggantinya (substitusi).
--- Pasar Oligopoli
     Yang ditandai hanya beberapa penjual atau pembeli yang menguasai seluruh permintaan pasar. Produk  yang dijual-belikan dapat homogen dan dapat berbeda corak atau gambar.
--- Pasar Monopolistik
     Ditandai dengan produsen yang banyak, yang menghasilkan produk sejenis hanya memiliki perbedaan dalam beberapa aspek tersendiri.
--- Pasar Duopoli
     Dalam suatu pasar di tandai dengan penawaran terhadap jenis produk yang dikuasai oleh dua perusahaan.
--- Pasar Monopsoni
     Ditandai dengan pembeli/konsumen yang memiliki pengaruh dalam menentukan harga, yang dilihat dari segi permintaan dan pembeliannya.

Kasus ini membahas mengenai (Rencana Kenaikkan Harga BBM)
          Dalam kenaikkan harga BBM yang direncanakan pemerintah sangat mempengaruhi struktur pasar terutama terhadap harga barang yang menjadi kebutuhan. Sektor ekonomi micro yang kebanyakkan yaitu rakyat kecil yang paling merasakan dampak ini. Sebagai contoh dalam pasar tradisional, mereka perlu transpotasi utama yang menggunakan BBM untuk menggangkut hasil pertanian ke sektor pasar tradisional. 
           Maka opsi yang dilakukan petani dengan menekan biaya atau menaikkan harga jual barang dagangan mereka. Tetapi penekanan biaya ini malah menambah kesulitan petani. Dan bila menaikkan harga jual barang akan menimbulkan masalah baru bagi pembeli yang sebelumnya terbebani dengan rencana kenaikan harga bbm kini harus mendapatkan kenaikkan barang yang dikonsumsi. Secara perioritas dampak kenaikkan BBM sangat mempengaruhi semua struktur pasar yang ada.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar