SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Resume “Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi”

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Jumat, 27 April 2012

Resume “Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi”


Pendapatan nasional adalah jumlah faktor – faktor produksi menjadi pendapatan suatu negara i dalam suatu periode waktu tertentu.
Pengertian Perekonomian Tertutup Sederhana(Perekonomian Dua Sektor)

Perekonomian tertutup artinya Perekonomian tidak mengenal hubungan luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor-impor. Sedangkan perekonomian sederhana artinya tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Jadi, perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan dua pelaku, yaitu rumah tangga dan perusahaan (swasta).
Arti konsumsi adalah menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa dalam jangka waktu tertentu.
Tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsikan dan disimpan untuk digunakan yang akan datang.
Investasi adalah penanaman modal pada suatu perusahaan, sehingga menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang ada dalam perekonomian.

Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi dan Pengangguran
            Inflasi adalah kenaikan tingkat harga yang umum secara terus-menerus. Inflasi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
1.       Inflasi tarikan permintaan (demand-pull inflation)
dalah Inflasi yang disebabkan karena adanya kenaikan permintaan agregat yang sangat besar dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Inflasi tarikan permintaan biasanya
2.       Inflasi desakan biaya (cost-push inflation)
adalah Inflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya kenaikan biaya produksi yang pesat dibandingkan dengan tingkat produktivitas dan efisiensi, sehingga perusahaan mengurangi supply barang dan jasa.
3.      Inflasi karena pengaruh import (imported inflation)
adalah Inflasi yang terjadi karena naiknya harga barang di negara-negara asal barang itu, sehingga terjadi kenaikan harga umum di dalam negeri.
Dalam kasus (kenaikkan harga BBM)
Wancana dengan kenaikkan harga BBM, tetap saja konsumen masih mencarinya karena merupakan kebutuhan utama bagi mereka. Semua aktifitas dari rumah tangga sampai perusahaan sangat membutuhkan BBM untuk transportasi bagi kebutuhan. Dan dikhawatirkan kenaikkan ini akan berdampak dalam segala hal, timbulnya kemiskinan dan pengganguran dikarenakan bisnis yang dijalani menggunakan BBM  dan tidak mampu membelinya karena kenaikkan tersebut. Namun  wancana tersebut di tunda yang diumumkan oleh presiden RI sendiri, tetapi terdapat kabar penundaan kenaikkan harga BBM ini akan dialihkan dengan inflasi pada harga sembako.
*Tambahan menurut referensi kelompok 5*
Pada orde baru dan sekarang ini, terjadinya investasi pada indonesia sangatlah berkurang. Dikarenakan saat orde baru partai sangatlah sedikit mungkin dapat dihitung, banyak investor asing datang untuk berinvestasi pada perusahaan diindonesia. Tapi pada saat ini investor asing berkurang karena partai sangatlah banyak mereka butuh dana untuk mencalonkan diri, dan investor asing diharuskan untuk memberikan dana untuk mereka. Maka mungkin itu pula pengangguran bertambah dan sempitnya kesempatan untuk berkembang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar