SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": grafik kom & pengolahan citra

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Minggu, 07 Oktober 2012

grafik kom & pengolahan citra






Pemanfaatan
GRAFIK KOMPUTER & PEGOLAHAN CITRA
dalam Kehidupan Sehari - hari



                  Dalam grafik komputer dan pengolahan citra, Grafik dan citra memiliki kesamaan yakni sama-sama berupa gambar. Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer sedangkan pengolahan citra adalah pengolahan gambar atau usaha untuk melakukan transformasi suatu gambar dengan menggunakan teknik tertentu. Jadi dapat diartikan secara sederhana yaitu grafik komputer mempelajari penciptaan sebuah gambar dari awal sedangkan untuk pengolahan citra mempelajari pengolahan gambar yang sudah di input/tersedia. 

                   Saat ini, grafik komputer dan pengolahan citra sangatlah penting dan dibutuhkan seiring dengan semakin majunya bidang teknologi terutama perkembangan dunia digital. Berikut beberapa contoh pemanfaatannya dalam kehidupan kita sehari-hari.
  • Virtual Reality

Contoh Simulasi  Transportasi
 

             Virtual Reality yang merupakan lingkungan virtual yang seakan-akan dunia semu. Dimana pengguna dapat melakukan interaksi dengan objek-objek dalam suasana 3 dimensi dan menggunakan perangkat keras khusus yang digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan pengguna beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. 


Contoh Latihan Seorang  Penerjun  Payung

Dengan melalui bantuan speaker, glove dan walker, gerakan dipantau oleh sistem. Sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis. Contoh: latihan terjun payung dan penerbangan. Aplikasi ini berguna untuk mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatihnya sebelum melakukan hal yang  sesungguhnya.



  • Teknologi Pengamanan
        Perkembangan pengolahan citra terhadap bidang biometrika, yang mengalami kemajuan pesat pada sistem pengamanannya. Sebagai contoh sistem indentifikasi seseorang yang memanfaatan sidik jari, wajah, retina dan yang lainnya.
         Menggunakan model 3D dari wajah, algoritma CMU render diharapkan gambar dapat dilihat dari berbagai sudut untuk perbandingan. Data lengkap indentitas seseorang di dapat dari penginputan sehingga lebih cepat diketahui indentitas seseorang.
Contoh pengenalan wajah untuk mengenali identitas seseorang

Contoh identifikasi seseorang melalui sidik jari
  • Multimedia atau Animasi 
           Pada bidang ini banyak sekali memanfaatkan grafik komputer dan pengolahan citra. Seperti animasi ini yang setiap harinya selalu ada yang baru dan menarik untuk dilihat yang menyerupai bentuk aslinya.  



Contoh Gambar Pembuatan Animasi

  • Kedokteran
             Dalam pengolahan citra digital saat ini mengalami kemajuan dalam bidang kedokteran. Pengolahan citra digital ini dapat digunakan untuk mendeteksi kanker, tulang patah, penyakit paru – paru dan dapat melihat benda asing masuk ke dalam tubuh.


Contoh Foto Rontgen Menggunkan Sinar X
             Kemajuan pada bidang kedokteran tersebut karena kemampuan pengolahan citra digital mampu menginterpretasikan sinar x (x ray) dan aplikasi volumetric 3D Magnetic Resonance Imaging (MRI) yaitu mampu mendapatkan pencitraan organ dalam tubuh secara jelas dengan menggunakan scanner MRI.  


  • Perancangan            
             Grafik komputer pada bidang perancangan digunakan sebagai proses analisis dan desain khususnya untuk sistem arsitektur dan engineering. Seperti yang digunakan oleh arsitek,  berupa desain atau model awal bangunan sebelum melakukan pembangunan yang sesungguhnya. Perancangan ini memudahkan untuk arsitek dalam menjelaskan lebih rinci terhadap suatu rancangan yang dibuatnya.

Contoh Desain Bangunan dengan Auto CAD



Tidak ada komentar:

Posting Komentar