SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Resume " Perilaku Konsumen"

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Senin, 02 April 2012

Resume " Perilaku Konsumen"


             Perilaku konsumen merupakan sebagai tingkah laku dari konsumen yang biasanya ditujukan dengan mencari, memilih, menggunakan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi atau memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan keterbatasan  sumber daya yang dimiliki konsumen. Terdapat faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan antara lain:  faktor dari dalam diri konsumen (internal) yaitu, kebutuhan, presepsi, sikap, gaya hidup, dan pengalaman. Faktor dari luar lingkungan konsumen (eksternal) yaitu, budaya, grup, teman, anggota keluarga, kalangan bisnis, informasi, dan perkembangan strategi marketing.

Melalui pendekatan dilakukan terhadap perilaku konsumen, mengetahui respon perilaku konsumen:
a.         Pendekatan cardinal
Pendekatan ini untuk mengukur suatu kepuasan konsumen dengan satuan ukur, dengan banyak barang yang dikonsumsi konsumen maka makin banyak kepuasan yang diterima konsumen pula. Dan pada saat kepuasan konsumen naik dalam titik batasnya maka pada batas kepuasan konsumen akan semakin menurun.
b.        Pendekatan ordinal
Bahwa pendekatan konsumen ini dalam mengkonsumi produk dan jasa untuk mendapat kepuasan konsumen tidak dapat dikur dengan suatu satuan ukur, dalam tingkat kepuasan konsumen yang dimiliki berbeda-beda walaupun dalam mengkonsumi produk dan jasa yang sama, tingkat kepuasan tidak bisa dikatakan seberapa lebih besar atau rendahnya dan menggunakan model kurva indifferent.

Konsep Elastisitas yaitu mengenai elastisitas harga permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan yang sangat mempengaruhi harga produk dan jasa.
Elastisitas harga permintaan (Ed), dalam mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga.
>>Elastisitas harga penawaran (Ws), dalam mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadapa perubahan harga.
>>Elastisitas silang (Ec), mengukur perubahan barang akibat mempengaruhi harga produk lain.
>>Elastisitas pendapatan (Ed), mengukur suatu barang akibat dari perubahan pendapatan.
Kasus yang dibahas, mengenai asuransi kesehatan :
Pada saat asuransi awal muncul di indonesia jarang sekali masyarakat untuk menggunakan asuransi kesehatan bahkan tidak tahu sama sekali apa itu asuransi dan lebih memilih untuk kebutuhan kehidupannya. Dan seiring teknologi berkembang masyarakat pun memahami bahwa kesehatan itu juga penting dan tidak bisa hanya membeli obat diwarung saja. Perusahan asuransi pun meningkat pesat saat ini bukan hanya untuk kalangan atas tetapi perusahaan asuransi untuk kalangan bawah juga dengan berbagai jenis yang diberikan. Dan masyarakat pun sadar asuransi kesehatan menjadi kebutuhan penting serta memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan anggota keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar