SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": Resume "Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran"

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Senin, 02 April 2012

Resume "Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran"

          Hukum Permintaan mengatakan saat  menurun tingkat permintaan konsumen, maka semakin tinggi harga produk yang diminta, sebaliknya saat naik tingkat permintaan, maka semakin rendah juga harga produk yang diminta konsumen."

          Hukum penawaran mengatakan tinggi harga suatu barang maka makin banyak pula jumlah barang yang akan ditawarkan oleh produsen dan sebaliknya kalau harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga menurun karena kurang menguntungkan produsen.

Untuk mengukur besarnya kepekaan permintaan atau penawaran suatu barang jika harga barang lain yang berubah, yaitu harga barang yang berhubungan dengan barang tersebut yang berupa barang komplementer (pelengkap) dan dapat berupa barang subtitusi (pengganti).

           

>>Barang substitusi (pengganti) : barang yang digunakan untuk menggantikan barang yang kegunaanya sama. contoh : teh dan kopi
>>Barang komplementer (barang pelengkap) :  digunakan untuk melengkapi barang lain agar lebih maksimal penggunaannya. contoh : teh dan gula



Kasus dalam pembahasan ini yaitu penjualan bawang.

Karena mendapat kendala dengan curah hujan yang cukup tinggi maka petani bawang mendapatkan panen yang buruk yakni bawang hampir seluruhnya menjadi busuk. Pedagang menjual 80 kg bawang yang harga jual awalnya Rp 20.000,-  menjadi berharga jual Rp 80.000,- untuk 20 kg bawang.

Hal ini menggunakan hukum permintaan dan konsumen menggunakan berbagai cara untuk beralih ke barang subtitusi dengan tidak menggunakan bawang untuk sementara waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar