SELAMAT DATANG DI BLOG SHISILIA My Blog "sHiSiLiA faNia NurMaNinG tIAs (16110530)": MaSakAn ala' MaMa LiA

Mengenai Saya

Foto saya
hai perkenaln nma sya Shisilia Fania Nurmaning Tias,sya kuliah d salh satu universitas swasta terbaik yaitu Gunadarma.Kuliah sya berlokasi d kampus L tepat'y d Cengkareng.Sya lulusan smk n 56 di bidang Multimedia.Dan keinginan sya,sya ingin selalu bhagia dan membuat orang lain bahagia terutama keluaga sya. i luv my family more than anything else muachmuachmuach...

Minggu, 18 Maret 2012

MaSakAn ala' MaMa LiA


GULAI KACANG IJO   
        
             Ini salah satu resep masakan dari ibuku,resep masakan ini ibu pelajari saat ibu masih muda dan berkerja di sebuah restoran masakan arab.  Saat masih kecil ibu sering memasakkannya, sekarang sudah jarang banget mungkin karena rumit dan harus sabar menunggu rebusan daging kambing mudanya  . Tetapi untuk rasanya tidak kalah enaknya dengan asli buatan arab loh, untuk cara pembuatannya bumbu yang harus disiapkan seperti: 

KUAH GULAI
Daging kambing muda
Santan Kelapa Kental
Kacang ijo

Bumbu
Kapulaga
Kunyit
Jahe
Bawang merah
Bawang putih
Lada
Ketumbar
Kayu manis
Lengkuas
Sereh
Jinten
Micin
Garem

Cara pembuatannya :
       Untuk  pertama pembuatan kuah gulai, langkah yang dilakukan pertama daging kambing muda  atau bisa gunakan juga tulangnya yang sudah dicuci bersih rebus hingga empuk. Tahap selanjutnya haluskan semua bumbu setelah  mateng dan harum campurkan kedalam rebusan daging kambing muda  terakhir masukkan santan kelapa kental  hingga matang.

       Dan pembuatan gulai kacang ijonya, rebus kacang ijo direbus dengan kuah gulai yang tadi sudah dibuat tunggu hingga kering dan tidak ada kuahnya lagi. Setelah selesai siap disajikan di piring.

      Biasanya gulai kacang ijo dimakan tidak menggunakan nasi  atau dimakan langsung bisa juga juga menggunakan roti gandum (roti cane). Tapi kata ibuku lebih tambah enak lagi diamkan hingga 2 hari jangan lupa dipanaskan agar tidak basi nantinya. Agar bumbunya bisa meresap lagi ke dalam daging atau tulang kambing mudanya.

Mari mencoba .............





NASI KEBULI

KUAH GULAI
Daging  sapi
Santan

Bumbu
Sama dengan “gulai kacang ijo”

ACAR
Nanas                                                                                                                    
Mangga
Kedongdong
Cabe rawait ijo
Bawang merah

Bumbu
Kunyit
Lada
Garam


Cara pembuatannya:
           Untuk pembuatan kuah gulai sama dengan sebelumnya hanya yang berbeda kita menggunakan daging sapi.
           Dan untuk pembuatan nasi kebulinya, tanak nasi dengan kuah gulai dan berikan sebagian daging gulai tersebut tunggu hingga matang. 

           Terakhir dalam pembuatan lauk-lauknya, untuk pertama pembuatan acar bumbu dihaluskan terlebih dahulu setelah itu potong dadu semua bahan acar tersebut. Bumbu ditumis hingga harum dan campurkan semua bahan yang sudah dipotong dadu tadi hingga agak layu. Sebagian daging gulai tadi goreng hingga kering dan menjadi empal.
           Nasi kebuli sudah siap dihidangkan dengan acar ditambah empal dan emping.  Nasi kebuli cocok saat acara arisan  atau kumpul – kumpul keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar